Ini Alasan Motor Sport Fairing Dijejali Monoshock, Bukan Twinshock

Selama ini kita mengenal setidaknya ada dua tipe suspensi belakang motor, yakni monoshock dan twinshock.
Nah, sobat GridOto.com 'ngeh' enggak sih kalau motor bertipe sport, apalagi sport fairing mayoritas pakainya sokbreker tipe monoshock.
Kalian tahu enggak nih kira-kira alasannya apa sih? 
Sebenarnya dua tipe suspensi itu fungsinya sama, yakni buat meredam goncangan.

Tapi kedua tipe suspensi itu punya fungsi yang lebih pas kalau diaplikasikan sesuai orientasi produk motor itu.
Salah satu alasan kenapa motor berjenis sport menggunakan tipe monoshock adalah untuk memangkas bobot motor.


Selain itu orientasi produk sport fairing juga tidak untuk melibas segala medan, hanya khusus aspal.
Kemudian rigiditas atau kekakuan monoshok juga jadi alasan kenapa motor sport fairing dijejali sistem suspensi ini.

Faktornya satu, karena suspensi yang lebih kaku atau keras akan meningkatkan kestabilan motor saat dibawa menikung.

Apalagi menikung di aspal mulus sirkuit dengan kecepatan tinggi, sesuai dengan orientasi produk sport fairing.
Ditambah lagi dengan look atau tampilan yang bisa didapatkan dari monoshok, jelas motor jadi terlihat lebih sporty kan?

Inikah Wujud Suzuki GSX-R250, Penantang Ninja 250, CBR250R dan R25?

Suzuki mulai menunjukkan kebangkitannya dengan merilis duo GSX, yakni GSX-R150 dan GSX-S150.
Setelah itu, Suzuki kembali menambahkan list produknya dengan merilis Suzuki Nex II dan Suzuki GSX-150 Bandit.
Rumornya Suzuki juga tengah menyiapkan gacoan di segmen 250 cc dua silinder dengan nama Suzuki GSX-R250.
Bahkan blue print sebuah sport fairing yang diduga kuat sebagai Suzuki GSX-R250 juga pernah bocor di dunia maya.

Majalah otomotif asal Jepang Young Machine, bahkan sempat beberapa kali membuat renderan dari GSX-R250 ini.
Yang terbaru adalah renderan Suzuki GSX-R250 dengan livery Ecstar seperti di tim Suzuki MotoGP.

Young Machine juga memsukkan GSX-R250 ini sebagai motor yang diharapkan bakal dirilis tahun 2019 mendatang.

Dari renderan itu bisa dilihat kalau Suzuki GSX-R250 ini dijejali sokbreker upside down, serta sasis tubular mirip milik Honda CBR250RR, seperti di blue print-nya.

Kaliper remnya terlihat masih axial, namun piringan cakramnya terlihat cukup lebar berjenis wavy disc.
Sementara untuk area fascia terlihat mirip seperti GSX-R150, namun dengan area mika lampu di sisi kiri dan kanan yang lebih lebar.

Selain itu, sedikit beda dari renderan sebelumnya, kali ini area fairingnya dibuat lebih rapat dengan tidak memperlihatkan area mesinnya.
Soal mesin, diprediksi Suzuki GSX-250R ini akan pakai mesin DOHC berpendingin cairan.

Arsitek, Profesi Unik dengan Penghasilan Melebihi Pekerja Kantoran


Era teknologi tentu mengubah gaya hidup dan kebiasaan masyarakat. Dalam pekerjaan, era teknologi sekarang ini banyak memunculkan banyak profesi baru sekaligus menghilangkan mata pencarian lama yang tidak dapat menyesuaikan diri, termasuk profesi arsitek.
Dalam menghadapi situasi ini, Ketua Ikatan Arsitek Indonesia (IAI), Ahmad Djuhara mengatakan, tantangan untuk profesi ini adalah bagaimana mengejar perkembangan teknologi.
"Tantangan buat arsitek ya tinggal mengejar perkembangan teknologi saja," ujar Djuhara menjawab Kompas.com, Senin (17/12/2018).

Dia menambahkan untuk ide dan kreativitas tidak dapat digantikan oleh teknologi atau kecerdasan buatan (artificial inteligence).
Djuhara mengatakan, produksi gambar memang dapat diganti dengan teknologi atau mesin sejenisnya.
"Teknologi itu alat bukan tujuan. Tapi teknologi bukan satu-satunya alat dalam profesi arsitek untuk mencapai tujuan," ucap Djuhara.
Profesi arsitek merupakan perancang atau pemberi ide. Profesi arsitek berbeda dengan konsultan lain, terlebih dalam jasa konstruksi. Menurut Djuhara, arsiteklah yang memulai ide untuk desain pertama kali.
"Pemikiran dan ide desain lebih penting, teknologi cuma membantu saja," imbuh dia.

Penghasilan arsitek

Menurut Djuhara, ada beberapa hal yang harus diluruskan dari profesi arsitek. Djuhara mengatakan, profesi arsitek itu unik.
Ini karena seorang arsitek dapat bekerja dengan orang lain namun juga dapat melakukan praktik mandiri. 
"Tapi memang keistimewaan arsitek adalah di situ, di posisi yang khusus sebagai pencipta, punya ide kreatif, selain juga dianggap sudah memiliki semua dasar teknis yang sudah tidak dipertanyakan lagi," imbuh dia.
Merujuk Undang-Undang (UU) Nomor 6 Tahun 2017 Tentang Arsitek, untuk menjadi arsitek, seseorang wajib memiliki Surat Tanda Registrasi Arsitek (STRA).

Sedangkan untuk memiliki surat tanda tersebut, seseorang harus mengikuti kegiatan magang paling singkat selama minimal dua tahun.
Kegiatan magang ini juga bisa menjadi awal dari jenjang karir arsitek setelah menyelesaikan pendidikan arsitektur.
Djuhara menambahkan, setelah seseorang mendapatkan surat tersebut, maka dia sudah dapat berpraktik mandiri.
"Sebelum lulus ujian kompetensi, belum bisa disebut arsitek, masih lulusan arsitektur saja," terang dia.
Bahkan, arsitek juga perlu mengikuti alur proses pendidikan arsitek. Hal ini didapat melalui magang kepada mentor yang berpengalaman.

"Dia akan bisa mengerjakan proyek sendiri berdasarkan fee atau honorarium sesuai kontrak kerja sebagai arsitek," imbuh dia.
Sedangkan menurut dia, penghasilan arsitek juga dapat dilihat dari posisinya di kantor arsitek. Jika di posisi paling bawah semestinya tidak boleh kurang dari Upah Minimum Regional (UMR).
Selain itu, penghasilan seorang arsitek juga dapat dihitung dari jumlah total biaya suatu proyek. Menurutnya, arsitek dapat memperoleh bagian dua hingga delapan persen dari total biaya tersebut.
Dengan kata lain, penghasilan arsitek bisa melebihi pekerja kantoran yang masih menerima gaji bulanan.
"Jadi mestinya sudah tidak makan dari gaji lagi, bahkan sudah bisa punya kantor sendiri," pungkas Djuhara. 

Kisah Dedi Heryadi, Ojol Pemenang Mini Cooper Bukalapak, Bingung Mau Diapakan Mobilnya

 Dedi Heryadi, sang ojek online (ojol) Pemenang Mini Cooper Bukalapak, Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas).

Dedi Heryadi, sang pengemudi ojol hanya bermodal Rp 12 ribu bisa mendapatkan mobil mewah Mini Cooper yang harganya mencapai ratusan juta.
Dedi Heryadi (36) terharu menceritakan detik-detik ia memenangkan hadiah Harbolnas Bukalapak 2018.
Ia tak menyangka keisengannya mengikuti promo belanja pada Harbolnas berbuah mobil mewah Mini Cooper.
Siapa sih yang nyangka dari sekian juta orang? Saya nge-klik cuma satu biji doang," ujar Dedi dilansir Surya.co.id dari Kompas.com, Jumat (14/12/2018).
Dedi menceritakan, keberuntungannya itu berawal saat ia membuka aplikasi situs belanja online tersebut sepulang kerja pada Rabu pukul 19.00.
Dedi mengaku beberapa kali mengikuti promo Harbolnas tetapi tak pernah mendapatkan barang yang diinginkan.
Berbekal saldo Rp 14.000 yang berada di akun Bukalapak-nya, Dedi mencari sejumlah barang untuk keperluannya bekerja.
Awalnya, Dedi ingin membeli ponsel. Namun, hal itu diurungkannya karena tak pernah mendapatkan barang yang diinginkan saat beberapa kali mencoba pada Harbolnas sebelumnya.
Iseng-iseng, Dedi memilih gambar mobil Mini Chopper yang dilihatnya.

Awalnya saya mau klik handphone, tapi handphone enggak pernah dapat. Kali-kali mobil dapat. Saya klik yang mobil, yang intinya iseng enggak berharap besar, cuma ada Rp 14.000 siapa tahu dapat mobil," ujar Dedi.
Setelah memilih mobil, saldo akun Bukalapak Dedi berkurang sebesar Rp 12.000.
Dedi yang tidak berharap banyak kemudian meninggalkan akun Bukalapak-nya.
Pada Kamis (13/12/2018) dini hari, Dedi terbangun. Dedi merasa gelisah karena anaknya sedang sakit.
Dedi tinggal seorang diri di Jakarta. Istri dan ketiga anaknya berada di Ciamis, Jawa Barat.
Ia kemudian membuka YouTube untuk menonton sesuatu.
Dedi tertarik membuka situs pengumuman Harbolnas Bukalapak yang diiklankan di YouTube.
Di situs tersebut, Dedi melihat namanya tercatat sebagai pemenang mobil Mini Cooper.
Dedi masih belum percaya karena mengira banyak nama yang mirip dengan namanya.
Berselang dua menit kemudian, Dedi membuka akun Bukalapak dan mendapatkan pemberitahuan bahwa dia memenangkan sebuah Mini Cooper.

Kan sudah saya lihat nama Dedi Heryadi, lalu saya lihat di akun saya Bukalapak.
Buka dompet (saldo), enggak dibalikin, biasanya kalau meleset kan dibalikin. Tumben sisa Rp 2.000 di dompet.
Saya lihat status pembayarannya itu, saya terpilih," ujar Dedi.
Ia pun menceritakan kabar bahagia ini kepada keluarganya.
Melalui sambungan telepon, anggota keluarganya menyampaikan rasa senang hingga menangis terharu.
Bingung setelah dapat mobil
Dedi mengaku belum memiliki rencana untuk mobil yang didapatkannya itu.
Dedi akan melihat biaya yang harus dikeluarkannya untuk mobil tersebut sebelum akhirnya mengambil keputusan apakah akan menjualnya atau menggunakan mobil itu untuk keluarganya.
"Kalau itu belum kepikiran apa-apa, mobilnya belum kelihatan. Entar kalau ada kelihatan mungkin baru diputuskan.
Perlu ngeluarin biaya berapa, keputusannya bagaimana. Kan saya tukang ojek, sekali-sekali ngajak istri jalan-jalan naik mobil Cooper keren kan, he he he," ujar dia.

Dedi bekerja sebagai pengemudi ojek online sejak Agutus 2015. Saat ini ojek online merupakan mata pencarian untuk menghidupi keluarganya.
Dedi memiliki seorang istri yang merupakan ibu rumah tangga serta tiga orang anak.
Anak pertama Dedi duduk di kelas 1 SMP, sedangkan dua anak lainnya belum sekolah.
"Kalau ditekuni, kalau melewati UMR Jakarta, masih bisalah," ujar Dedi.
Corporate Communication Manager Bukalapak Evi Andarini membenarkan bahwa Dedi merupakan pemenang Mini Chooper yang digelar saat Harbolnas Bukalapak.
"Dedi Heryadi, seorang tukang ojek online kelahiran Ciamis, berhasil mendapatkan mobil Mini Chooper seharga Rp 12.000 dalam program Serbu Seru Bukalapak," ujar Evi.

Rangka Bukan Masalah, Yamaha V-Ixion Masih Bisa Jadi Tracker


Yamhaa V-Ixion dengan konsep tracker garapan Katros Garage ini tampak begitu gagah.
Meski V-Ixion punya rangka model delta box yang agak sulit diotak-atik, tak menghalangi Katros untuk membuat motor ini makin tampan.
Ubahan pada motor ini, hampir menghilangkan semua bodi asli dari V-Ixion.

Bagian yang dipertahankan hanyalah tangki, itu pun sudah dibuat lebih membulat biar lebih pas.

Sisi depan tangki juga dibuat menutupi delta box-nya sehingga lebih enak dipandang.
Jok juga tak banyak yang aneh-aneh dengan balutan kulit coklat tua dari Katros.

Karena tracker tak bisa lepas dari jalan tanah atau enggak rata, handling wajib sempurna.
Makanya, Katros memilik setang lebar hasil copotan dari saudaranya, Yamaha Byson.

Geser ke bagian kaki-kaki, pelek palang V-Ixion diganti dengan model jari-jari.
Untuk ukurannya sendiri, depan pakai 2.50 ring 18 dan belakang 3.00 ring 17.

Pelek aluminium tadi kemudian dibalut dengan ban Swallow SB 117 yang bertipe dual purpose.
Sebagai pelengkap motor kustom sangar ini, knalpot custom dari Katros menempel pada mesin motor 150cc ini.

Lalu biar tetap sesuai aturan, beberapa pelengkap tak luput untuk dipasang.
Sebut saja ada lampu depan Autopall, stoplamp Polaris serta lampu sein.
Nah, itu tadi Yamaha V-Ixion tracker garapan Katros Garage, cocok banget deh buat inspirasi.

Segera Unduh Aplikasi Mobile JKN untuk Akses Pelayanan dan Informasi JKN-KIS yang Lebih Cepat

Perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi semakin pesat, di antaranya penggunaan perangkat telepon pintar yang saat ini sudah dimiliki sebagian masyarakat.

Selain itu, trend teknologi saat ini mengarah ke penggunaan mobile application, Oleh karenanya, penting untuk menyesuaikan diri dengan trend teknologi saat ini.
Terkait dengan hal tersebut, BPJS Kesehatan juga tak ingin ketinggalan dalam sistem teknologi berbasis aplikasi mobile.
Sehingga dalam upaya meningkatkan kepuasan peserta dalam pelayanan administrasi serta percepatan akses digital-service, BPJS Kesehatan telah meluncurkan aplikasi Mobile JKN
Aplikasi Mobile JKN ini juga telah mendapatkan penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2018 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia.
Untuk menggunakan aplikasi Mobile JKN syaratnya sangat mudah, hanya perlu mengunduh aplikasi melalui Google Play Store dan Apple Store.
Setelah aplikasi itu terpasang, peserta harus melakukan registrasi pada menu yang tersedia di aplikasi Mobile JKN.
Setelah berhasil, peserta bisa masuk dalam aplikasi dan memanfaatkan semua fitur yang tersedia. 
Aplikasi Mobile JKN ini merupakan bentuk transformasi digital model bisnis BPJS Kesehatan yang semula berupa kegiatan administratif dilakukan di Kantor Cabang atau Fasilitas Kesehatan, ditransformasi kedalam bentuk Aplikasi yang dapat digunakan oleh peserta dimana saja kapanpun tanpa batasan waktu (self service). 
“Melalui aplikasi ini, peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dapat mengakses beragam informasi seputar BPJS Kesehatan secara cepat dan mudah di manapun dan kapanpun. Pelayanan administrasi yang dapat diakses melalui aplikasi Mobile JKN diantaranya adalah pendaftaran peserta, perubahan data peserta, informasi tagihan, status kepesertaan, riwayat pelayanan peserta, skrining riwayat kesehatan, pengaduan keluhan, termasuk juga terdapat fitur  lokasi fasilitas kesehatan dan lokasi kantor BPJS Kesehatan berbasis GPS sehingga peserta dapat mengetahui lokasi fasilitas kesehatan atau lokasi kantor BPJS Kesehatan yang terdekat dari lokasi peserta berada pada saat itu”, jelas Fachmi Idris, Direktur Utama BPJS Kesehatan.
Dengan berbagai fitur tersebut, aplikasi Mobile JKN dapat membantu mengurangi antrian bagi masyarakat yang akan mendaftar menjadi peserta JKN-KIS di kantor-kantor BPJS Kesehatan.
Semua peserta JKN-KIS kini semakin dimudahkan karena tidak perlu lagi untuk datang dan mengantri ke kantor cabang maupun kantor kabupaten untuk melakukan pengurusan administrasi.
Selain itu aplikasi ini juga menyediakan kartu KIS Digital, sehingga peserta  yang lupa membawa fisik kartu KIS dapat menggantinya dengan menunjukkan kartu KIS Digital yang terdapat di Mobile JKN untuk mendapatkan pelayanan di fasilitas kesehatan.
Fachmi menghimbau agar masyarakat dan peserta JKN-KIS segera mengunduh aplikasi Mobile JKN ini melalui Playstore dan Appstore, mengingat fitur aplikasi ini mempermudah peserta dan masyarakat yang ingin melakukan pendaftaran.
Melalui aplikasi ini ibarat semua informasi ada dalam genggaman anda. Jadi, kalau anda Peserta segera download aplikasi ini di ponsel anda," tutupnya.

Bagaimana dengan Pelanggar Tilang Elektronik yang Sudah Balik Nama?

Polisi akan mengirimkan surat kepada pelanggar tilang elektronik, sesuai dengan alamat yang tercantum pada surat tanda nomor kendaraan (STNK). Apabila tidak memberikan konfirmasi, maka statusnya diblokir sampai melakukan pembayaran denda tilang.
Lantas, bagaimana jika mobil kendaraan tersebut sudah berpindah tangan atau balik nama? Menurut Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto, oleh sebab itu perlu adanya konfirmasi agar, polisi bisa melakukan tindak lanjut.

Karena kalau sudah balik nama dan akan kita kirimkan surat selanjutnya kepada pemilik baru," kata Budiyanto kepada Kompas.com, Selasa (4/12/2018) sore

Budiyanto melanjutkan, pada intinya yang akan dikenakan tilang atau membeyar denda itu, orang yang mengendarai pada saat melanggar aturan lalu lintas.

Sehingga kami adakan yang namanya konfirmasi, jadi setelah konfirmasi baru diperbolehkan untuk membayar denda tilang. Kalau tidak ada juga sampai batas waktu yang ditentukan maka STNK langsung diblokir," ujar Budiyanto.

Sementara itu, ada beberapa alasan polisi melakukan pemblokiran, kata Budiyanto paling utama tidak memberikan klarifikasi dalam waktu yang sudah ditentukan. Kedua, tidak memenuhi kewajiban hukum setelah mendapatkan penetapan amar putusan, kemudian tidak membayar denda tilang.
"Semua itu sudah ditentukan dan sesuai dengan aturan yang berlaku pada pelanggar tilang elektronik," ucap Budiyanto.


Chief Minister of Melaka Buka WZF 2018

Chief Minister of Melaka, Adly Zahari membuka acara Konferensi Internasional World Zakat Forum (WZF) 2018 di Hotel Equator, Melaka, Malaysia, Rabu (5/12). Adly Zahari menyambut hangat 300 peserta dari 28 negara yang mengikuti konferensi selama tiga hari sejak 5-7 Desember 2018.
Acara konferensi juga akan dihadiri oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional RI, Prof. Dr. Bambang Brodjonegoro dan Menteri Agama Malaysia, Dr. Mujahid Yusof Rawa, Sekretaris Jenderal WZF, Prof. Dr. Bambang Sudibyo serta 31 pembicara dari 16 negara seperti Inggris, India, Nigeria, Bosnia-Herzegovina dan Afrika Selatan.
World Zakat Forum 2018 kali ini mengangkat tema "Penguatan Kerja Sama Zakat Global Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Umat". 
Bambang Sudibyo mengatakan, tema ini digunakan saat penghimpunan zakat naik hingga menjadi bagian penting dan sumber keuangan syariah sosial yang sangat potensial.
"Manfaat zakat harus signifikan dan strategis untuk meningkatkan ukhuwah (kebersamaan), persaudaraan, kolaborasi dan solidaritas di antara negara Muslim serta umat untuk mencapai tujuan bersama," kata dia. 
Dalam mencapai tujuan bersama ini, lanjut Bambang, gerakan zakat global membutuhkan platform untuk merumuskan solusi efektif pada masalah multidimensi di dunia Islam. 
"Pertama, esensi utama dari zakat seharusnya tidak hanya terbatas pada pemberantasan kemiskinan, tetapi juga untuk pemberdayaan umat. Kedua, untuk mengurangi kesulitan sosial-ekonomi di kalangan umat," ucap dia dalam kata sambutan.
Ketiga, tambah Bambang, untuk menyejahterakan umat. Keempat, untuk mengangkat taraf hidup dunia Muslim. Serta kelima, untuk menghidupkan kembali kejayaan Islam di berbagai aspek global.
Gagasan pendirian WZF muncul sebagai tanggapan terhadap kebutuhan pengembangan gerakan zakat dunia. Anggota WZF terus bertambah, pada konferensi ke-7 ini, WZF akan memiliki 28 negara anggota, yang menunjukkan peningkatan minat dalam gerakan zakat dunia. 
"Target jangka menengah kami adalah untuk memasukkan setidaknya semua 39 negara anggota Organisasi Kerja Sama Islam, OKI," ujar dia. 
Selain itu, dalam konferensi juga akan membahas kemungkinan memiliki keanggotaan asosiasi dengan menggandeng UNDP, UNICEF, Islamic Development Bank (IsDB) dan BI. 
Konferensi ini akan menjadi berbeda dari sebelumnya, karena akan diadakan sesi diskusi tingkat tinggi oleh  menteri dan pejabat yang bertanggung jawab atas urusan agama tentang upaya untuk mempromosikan kerja sama zakat antarnegara.
"Pada akhirnya konferensi ini diharapkan menghasilkan resolusi yang baik untuk memperkuat kerja sama zakat global di antara anggota WZF," kata dia.

Marvel Studios Siapkan Pahlawan Super Pertama dari Asia

 Marvel Studios memiliki banyak pahlawan super yang belum diadaptasi menjadi film. Kabar terbaru Marvel Studios tengah menggarap film pahlawan super yang berasal dari Asia.

Melansir Deadline, Shang-Ci adalah karakter pahlawan super dari Asia yang akan diadaptasi menjadi film. Karakter itu dibuat oleh penulis Steve Englehart dan komikus Jim Starlim.


Shang-Ci pertama kali muncul dalam komik Special Marvel Edition #15 yang rilis pada Desember 1973. Ia memiliki kemampuan beladiri kung fu, baik tangan kosong atau dengan senjata seperti nunchaku dan jian.


Dalam komik Shang-Ci diceritakan sebagai anak dari pejahat super Fu Manchu yang berulang kali coba menaklukan dunia. Ia membesarkan Shang-Ci dengan mengajarkan ilmu bela diri.

Fu Manchu sempat memberi tugas kepada Shang-Ci untuk membunuh seseorang. Alih-alih membunuh, lewat misi itu Shang-Ci malah mengetahui bahwa ayahnya jahat sehingga ia memberontak. 


Belum diketahui akan seperti apa cerita Shang-Ci lantaran belum ada keterangan lebih lanjut. Namun Marvel Studios dikabarkan tengah mengajak Dave Callaham untuk menulis naskah yang sebelumnya menulis film Horsemen (2009) dan Godzilla (2014).

Selain itu, Marvel Studios tengah mencari sutradara asal Asia atau berdarah Asia untuk menyutradarai film Shang-Ci. Mereka ingin membuat Shang-Ci seperti film Black Panther (2018) yang banyak dihuni sineas berdarah Afrika-Amerika.



Sumber

Begini Tahapan Aplikasi Nano Ceramic Coating untuk Hasilkan Efek Mengkilap di Badan Mobil

Aplikasi Nano ceramic coating dengan kandungan silica kini menjadi pilihan sebagian orang yang memiliki anggaran berlebih untuk mendandani mobilnya agar tetap tampil kinclong seperti baru.
Selain membuat cat mobil selalu terlihat cemerlang dan memunculkan efek daun talas saat terpapar hujan, aplikasi nano ceramik coating juga membuat mobil kesayangan tercegah dari paparan kotoran burung yang menempel, kotoran percikan lumpur dan air kotor jalanan hingga ancaman terkena risiko gores halus.
Beragam manfaat ini membuat nano ceramic coating banyak dipilih para pecinta otomotif meski biayanya juga tidak murah.
Lalu seperti apa tahapan aplikasi nano ceramic coating ini?
Yasca Wu, Chief Operating Officer (CEO) HD Car Care Bekasi saat ditemui Tribunnews di acara pembukaan outlet HD Car Care Bekasi, di AXC Summareco Bekasi. Minggu (2/12/2018) memaparkan, tahap pertama sebelum diaplikasikan nano ceramic coating mobil dicuci dulu sampai bersih. "Kemudian badan mobil dipoles, lalu diberikan pelindung cat. Mobil yang sudah dipoles kemudian dilapis kaca, kemudian dikunci," tutur Yasca Wu
Bahan silica pada material coating ini mampu memantulkan kilap seperti kilap kaca. "Karena menggunanakan struktur nano, kaca akan mengeras dan menempel masuk ke dalam pori-pori cat. Material coating akan nempel permanen ke permukaan cat. Makanya mobil yang sudah di-coating tidak mudah kena kotoran," jelas Yasca Wu
Dia menambahkan, larena dilapis kaca begitu kuat, asam tak akan bisa menempel ke cat. "Umur kilap menjadi lebih lama bisa bertahun tahun," tegasnya.
Yasca Wu menjelaskan, setelah di-coating dengan nano ceramic, mobil mau dicuci berkali-kali juga tak ada masalah.
"Tapi tunggu dan biarkan mobil diam sampai 36 jam dulu sejak nano ceramic coating diaplikasikan. Tujuannya agar aplikasi nano ceramic coating mengeras setelah diaplikasikan. Selama pengeringan ini tak boleh dulu kena cairan kimia termasuk mencuci mobil dengan pakai sabun," jelas Yasca Wu
Aplikasi nano ceramic coating untuk satu unit mobil, diperlukan sekitar 12-14 mililiter cairan. Per botol kecil nano coating isinya 20 mililiter. 
Keunggulannya penggunaan bahan silica, material ini memiliki struktur partikel nano ceramic yang sangat rapat dan menjaga cat terbebas dari oksidasi dan perubahan struktur warna," ungkap Yaska Wu.
Lalu seperti apa cara perawatan mobil yang sudah diaplikasikan nano seramic coating?
" Jangan dibawa ke tempat cuci mobil atau poles mobil yang asal asalan dan sekadar ada karena khawatirnya akan mereka asal poles saja saat proses perawatan. Kualitas polesan yang kurang baik dikhawatirkan akan membuat abrasif pada permukaan cat," saran Yasca Wu. 
Selain itu, mobil yang sudah di-coating sebaiknya jangan sering-sering membiarkannya terpapar di bawah terik matahari.
Di HD Car Care Bekasi, proses pengerjaan nano ceramic coating per satu mobil memakan waktu sekitar 3 sampai 5 jam. Namun untuk mobil berjenis offroad bisa memakan waktu lebih lebih lama, sekitar 10 jam.  Menurut Yasca Wu, HD Car Care Bekasi juga melayani permintaan perawatan mobil pasca aplikasi nano ceramic coating di kediaman pelanggan.
Paket aplikasi yang bisa dilayani di HD Car Care Bekasi ini antara lain aplikasi nano ceramic coating, total detailing, nitro seal (Polymer Wax), serta pembersihan interior kendaraan hingga ke ruang mesin.
Biaya untuk paket nano ceramic coating ini mulai dari Rp 3 juta sampai Rp 6 juta tergantung dimensi dan jenis mobilnya.
Sementara, untuk biaya perawatan kendaraaan, untuk paket detailing ditawarkan mulai dari Rp 1 juta hingga Rp 2 juta rupiah serta paket nitro seal di kisaran Rp 2 juta sampai Rp 3 juta.